Saudi Operasikan Jalur Kereta Metro Pertama Musim Haji Tahun Ini

Para jamaah haji tahun ini sudah bisa menikmati layanan transportasi kereta metro yang akan dioperasikan untuk pertama kalinya di kota Makkah. Pemerintah Arab Saudi sudah menyelesaikan tahap pertama jalur kereta metro yang memiliki kapasitas 170.000 penumpang dalam satu kali perjalanan.

"Kereta metro buatan China ini mampu mengangkut 170 ribu jamaah haji tahun ini, yang menghubungkan Mekkah dan kota-kota sekitarnya," kata Menteri Urusan Perkotaan Saudi, Pangeran Mansur bin Mutab bin Abdul Aziz saat melakukan uji coba dengan menumpangi kereta metro itu melintasi Mekkah selama 10 menit.
Saudi mengalokasikan anggaran sebesar 7 milyar rial untuk membangun proyek jalur kereta api pertama itu. Keseluruhan proyek pembangunan ditargetkan selesai dalam dua tahun sehingga bisa menjadi trasportasi alternatif bagi para jamaah haji. Pangeran Abdul Azin menyatakan, kementeriannya sudah membentuk sebuah komite yang akan melakukan kajian berapa tarif penumpang kereta metro tersebut.
Kereta metro tahap pertama akan dioperasikan bulan November mendatang dengan jalur yang menghubungkan tempat-tempat suci di kota Mekkah, terutama pada empat hari pelaksanaan ritual haji. Saudi optimis sistem transportasi ini akan membantu kelancaran ibadah para jamaah haji meski para pengusaha, media dan sebagian warga Saudi ragu dengan pengoperasian sistem kereta metro itu karena dianggap tidak memenuhi standar internasional. Keraguan itu muncul setelah terjadi insiden saat uji coba kereta tersebut pekan kemarin, salah satu gerbong kereta keluar dari jalur, meski tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
Inisiatif untuk membangun jalur kereta api ini digagas pada tahun 2007 lalu dengan tujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas dari dan ke kota Makkah serta tempat-tempat suci lainnya di kota Mekkah selama musim haji dan diharapkan bisa mengurangi angka kecelakaan dan desak-desakan para jamaah haji yang kadang menimbulkan korban jiwa.
Saudi menggandeng perusahaan Cina dan Perancis untuk membangun jalur kereta yang melibatkan hampir 5.000 tenaga kerja itu. Dengan adanya jalur kereta metro ini, maka Saudi menjadi negara Teluk kedua yang memiliki sistem transportasi kereta metro setelah Dubai. (ln/emirate)Eramuslim.com

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama