Empat Juta Jiwa Memadati Padang Arafah

GemaDakwah – Arafah, sekitar empat juta jiwa hari ini(5/11/2011) telah melaksanakan wukuf di padang Arafah, guna melaksanakan Rukun Haji yang paling Utama. Terdengar suara tabir, tahlil, talbiyah, dan doa. Hati mereka terpaut dengan ALlah swt. Di Sini para hujjaj melaksanakan shalat Zhuhur dan Ashar, Jama’-Qashar.
Dalam pantauan, para hujjaj beranjak dari Arafah menuju Muzdalifah setelah terbenamnya matahari sore hari ini, guna melaksanakan shalat Maghrib dan Isya’ secara Jama’ dan Qashar.
Pada pagi hari besok, hari pertama Idul Adha para jamaah haji menuju Mina, guna melempar Jumrah Aqabah Kubra dan menyembelih Hadyu, kemudian mencukur atau memendekkan rambut, sebagai bentuk tahullul kecil. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Mekah Al-Mukarramah, guna melaksanakan Thawaf Ifadhah, Sa’i antara bukit Shafa dan Marwa, kemudian Tahallul akbar -mencukur habis rambut- tanda selesai ihram haji.
Tempat-tempat suci, berupa Mina, Arafah dan Muzdalifah menjadi saksi membludaknya jamaah haji pada tahun ini, disebabkan bertambahnya kouta haji dari tahun sebelumnya, sebagaimana juga kepadatan sangat jelas terjadi di Masjidil Haram saat melaksanakan manasik haji, meski perluasan masjid terus dilaksanakan. [io]

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama