Ingin Mudah Hafal Al-Qur'an? Berolahragalah!

Menghafal Qur'an memang perlu interaksi yang baik dengan Al-Qur'an agar hafalan tetap lengket dan mudah bertambah. Selain itu mengaplikasikan apa yang sudah dihafal dan menjauhi maksiat juga merupakan syarat penting untuk menjaga hafalan. Selebihnya ikhtiar dengan metode yang tepat perlu dicoba. Ada berbagai macam metode menghafal Qur'an yang diajarkan oleh asatidz, kita bisa memilih mana yang tepat.

Salah satu ikhtiar dalam menghafal Al-Qur'an adalah dengan berolahraga. Ya, olahraga. Karena olahraga bisa membuat otak menjadi lebih muda dan lebih cerdas serta kuat hafalannya.

Peneliti menemukan bahwa olahraga dengan aktif dapat melindungi otak dan meningkatkan daya ingat alias kekuatan memori. Menurut ilmuwan dari Cheng Kung University, Taiwan, aktivitas fisik dapat merangsang pembentukan 'agen' khusus pada otak yang mendorong pematangan neuron lebih cepat.

Selama meneliti, ilmuwan menggunakan roda berjalan pada tikus. Sebagian tikus-tikus dari kelompok kontrol hanya makan dan tidur. Selama percobaan berlangusng, peneliti mengamati pematangan neuron. Tikus yang lebih aktif, mengalami pematangan neuron lebih cepat.

Menurut peneliti, gaya hidup aktif dapat membuat neuron matang dua kali lebih cepat. Semakin banyak dan cepat pematangan neuron, semakin baik pula memori, konsentrasi, penalaran, dan fungsi otak lainnya.(met/geniusbeauty)

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama