ICMI Desak Pemerintah Lobi ASEAN Soal Myanmar

JAKARTA -- Ketua Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Nanat Fatah Natsir mendesak pemerintah agar segera aktif melobi anggota ASEAN lainnya agar segera bersikap terkait kekerasan yang dialami Muslim Rohingya di Myanmar.

"Sesuai dengan amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, bangsa Indonesia harus aktif dan ikut menjaga pedamaian dan ketertiban dunia," kata Nanat Fatah Natsir saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (28/7).

Dia mengatakan Indonesia sebagai mantan ketua ASEAN pada tahun 2011 seharusnya tidak diam saja melihat intimidasi dan kekerasan yang dilakukan junta militer Myanmar terhadap Muslim Rohingya yang minoritas.

Apalagi, Indonesia yang memiliki kebudayaan yang beragam selama ini mampu menjaga toleransi tanpa membeda-bedakan suku, agama dan bangsa. Menurut Nanat, Indonesia harus mampu menjadi contoh bagi Myanmar dan negara-negara lain di ASEAN.

"Indonesia melalui ASEAN harus turun tangan untuk mengupayakan pembicaraan diplomatik kepada junta militer Myanmar," kata Nanat.

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama