Saudi Diguncang Demo, Iran Malah Dituding Dalangi

RIYADH---Ratusan pemrotes turun ke jalan-jalan di bagian timur Arab Saudi pada Jumat (27/7), dan menggelar demonstrasi yang mengakibatkan sejumlah orang ditangkap, demikian laporan kantor berita resmi Kerajaan itu.
Protes itu berlangsung di Kota Qatif, tempat sebagian pemeluk Syiah mengeluhkan diskriminasi oleh penguasa, tapi pemerintah --yang didominasi pengikut Sunni-- telah membantah tuduhan tersebut.
Meskipun para aktivis menyatakan demonstrasi mereka bersifat "damai", media lokal melaporkan sebagian pemrotes membakar ban, melempar bom bensin dan kemudian bentrok dengan polisi.
Juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan polisi telah menahan sejumlah "penghasut kerusuhan", tanpa menyebutkan jumlah pasti orang yang ditahan.
Mohammed ash-Shkhouri, buron yang dicari, termasuk di antara 23 orang yang paling dicari di Qatif, kata juru bicara tersebut --yang dikutip oleh Saudi Press Agency.
Media setempat melaporkan beberapa pemrotes cedera dalam bentrokan dengan petugas keamanan. Bentrokan mulai terjadi Kamis larut malam.
Kelompok minoritas Syiah di bagian timur Arab Saudi, yang mudah bergolak, telah bentrok dengan polisi selama satu tahun belakangan, karena ketidak-puasan mereka terhadap penguasa Arab Saudi.
Pemerintah Arab Saudi, yang memandang ketegangan tersebut dalam konteks pergolakan kekuasaan regional, menuduh Iran "memicu kerusuhan di Kerajaan itu".

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama