Pejabat Uni Eropa Terbang ke Mesir untuk Melihat Kondisi Mursi di Tahanan

Tarqiyah :

KAIRO -- Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton pergi untuk mengunjungi presiden Mesir terguling Muhammad Mursi, kata seorang pejabat senior Mesir kepada AFP Selasa pagi.
"Dia pergi untuk melihat di mana dia ditahan. Dia belum kembali," kata sumber itu yang minta tidak disebut jatidirinya, tak lama setelah tengah malam.
Sumber lain mengatakan kepada AFP bahwa Ashton telah meninggalkan Kairo dengan sebuah helikopter militer menuju ke lokasi yang dirahasiakan di mana Mursi ditahan.
Mantan presiden yang digulingkan dalam kudeta 3 Juli setelah protes besar-besaran terhadap pemerintahannya itu belum pernah dipublikasikan sejak kejatuhannya.
Dia telah diserahkan pada tahanan atas tuduhan terkait dengan melarikan diri dari penjara selama pemberontakan 2011 yang menggulingkan Presiden Hosni Mubarak.
Selama kunjungan terakhirnya ke Kairo pada 17 Juli, Ashton berhasil meminta pertemuan dengan Mursi dan mendesak pembebasannya.
"Saya yakin dia harus dibebaskan," katanya kepada wartawan. "Saya yakin dia baik. Saya akan senang melihatnya."
Utusan tinggi Uni Eropa itu tiba dengan perjalanan terbarunya ke Mesir pada Minggu malam, sehari setelah bentrokan berdarah di satu unjuk rasa pendukung Moursi yang menewaskan 82 orang tewas.
Dia telah bertemu dengan serangkaian pejabat dari pemerintah sementara, termasuk Presiden Adly Mansour, Wakil Presiden untuk urusan internasional Mohamed ElBaradei serta kepala militer Jenderal Abdel Fattah el-Sisi.
Pada Minggu malam dia juga bertemu dengan perwakilan dari koalisi.
Kelompok Islam yang memprotes berusaha untuk mendudukkan kembali Mursi sebagai presiden.
Tetapi anggota delegasi mengatakan ada prakarsa baru untuk menyelesaikan kebuntuan politik di negara itu telah dibahas dalam pembicaraan. (ROL)
 Wallahu A‘lam.


KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama