Tidak Semua Militer Sejalan dengan Pidato As-Sisi

Tarqiyah :Mesir.  Pidato yang disampaikan As-Sisi pada acara wisuda akademi militer tidak hanya menuai kritik dari kalangan pendukung Presiden Mursi, tapi juga dari kalangan internal militer.
Mayjend Usamah ‘Askar, panglima lapangan Divisi III, kembali menegaskan ajakan untuk mengadakan rekonsiliasi menyeluruh antara semua faksi dalam masyarakat. Beliau yang membawahi wilayah Suez, Sinai Selatan, dan Laut Merah, menekan bahwa militer tidak akan memerangi satu faksi dan membela faksi yang lain. Menurutnya, negeri Mesir adalah milik semua.
Pernyataan di atas adalah dalam rangka membantah isi pidato terakhir As-Sisi yang ingin mengerahkan satu kelompok untuk menghabisi kelompok yang lain.
Seperti waktu-waktu sebelumnya, Usamah mengadakan buka bersama yang melibatkan seluruh faksi yang ada di wilayahnya. Banyak yang menghadiri buka bersama tersebut. Bukan hanya dari partai-partai Islam, tapi juga dari partai-partai liberal.
Beliau berharap, acara kumpul seperti buka bersama bisa menjadi titik mula diadakannya rekonsiliasi menyeluruh.
Terakhir, beliau menekankan, Divisi III tidak akan terlibat tindak kekerasan. Bahkan akan mengambil tindakan-tindakan yang mencegah gesekan antar faksi. Karena tugas militer adalah menjaga perdamaian, jiwa dan harta rakyat Mesir. (msa/sbb/dkw)
Keterangan foto (dari Kiri ke kanan):
1) Meyjend  Usamah ‘Askar, panglima lapangan Divisi III; 2) Pasukan Divisi III sedang berbuka puasa disalah satu jalan di Suez; 3)Mayjend Usamah sedang iftor dengan Masyarakat dah tokoh IM Hafidz Salamah; 4) Masyarakat dan Militer  sholat tarawih bersama.
 Wallahu A‘lam.


KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama