APA PERSAMAAN & PERBEDAAN KUDETA THAILAND & MESIR?

GemaDakwah :

1 → (=) Sama-sama dimulai kemelut politik & aksi protes jalanan. Di Thailand ada kelompok Kaos Kuning (anti Thaksin) dan Kaus Merah (pro Thaksin). Di Mesir ada anti Mursi & pro-legitimasi. Sebelum kudeta, Mursi & Thaksin sempat jumpai demo pendukungnya.

2 → (≠) Thaksin digoyang atas tuduhan korupsi & nepotisme. Mursi digoyang atas tuduhan "ikhwanisasi" & berupaya akan melakukan monopoli politik dan pemaksaan kehendak kelompok, termasuk dalam konstitusi negara (ada pula tuduhan2 lainnya yg nampaknya hanya pelengkap).

3 → (=) Baik di Mesir maupun di Thailand, militer melakukan kudeta dalam situasi politik yang kisruh.

4 → (≠) Militer Mesir diduga kuat sudah turut bermain dalam kejadian2 sebelum kudeta termasuk dalam demo 6 Juni yang dianggap sbg tahapan2 yg sdh direncanakan menuju kudeta. Di Thailand, militer masuk di tengah konflik politik, tidak dari awal.

5 → (=) Militer Mesir & Thai bernyali melakukan kudeta karena dapat support dari pihak ketiga. Militer Mesir dapat doa restu dari negara2 Teluk dan belakangan Amrik pun menunjukan kesetujuannya bahkan Zionis melakukan "sujud syukur". Adapun militer Thai dapat sinyal dukungan dari keluarga kerajaan.

6 → (≠) Militer Thai scr tersirat mengakui bahwa mereka memang main kudeta dan langsung berjanji akan mengembalikan kekuasaan politik pd pihak sipil. Militer Mesir ngeles dan ngaku bahwa mereka mengambilalih kekuasaan bukan kudeta, tapi dg mandat rakyat (demokratis)

7 → (≠) Militer Thai main kudeta ketika Thaksin sedang ke luar negeri. Militer Mesir menculik dan menahan Mursi sejak sehari sebelum kudeta diumumkan.

8 → (≠) Amrik menyatakan kudeta Thai sebagai sesuatu yang terkutuk. Tapi untuk kudeta Mesir, Amrik sekonyong-konyong pilon. Katanya sih masih mikir2 apakah itu kudeta ato bukan

9 → (=) Paska kudeta, di Thailand giliran Kaos Merah yang terus2an turun ke jalan berdemo menentang junta militer pengkudeta. Demikian pula di Mesir para pendukung legitimasi langsung turun ke #Rabia selama bulan Ramadhan dan selanjutnya.

10 → (≠) Di Thai, paska kudeta, junta militer langsung mengupayakan rekonsiliasi. Sedangkan di Mesir, para pengkudeta terpecah antara yg ingin upayakan rekonsiliasi ada pula yang ingin melenyapkan lawan politik. Ketika yg terjadi adalah pembantaian, maka El-Baradei salah satu pro-kudeta yg sebenarnya ingin rekonsiliasi akhirnya kabur meninggalkan kawan2 sesama pengkudetanya ke Eropa.

11 → (≠) Di Thai, demonstran kelompok kaos merah pendukung Thaksin tidak dibantai oleh militer. Di Mesir, para pendukung legitimasi pro Mursi dibantai scr keji sampai angka tewas lebih dari 2000 orang di #Rabia, Nahda dan lokasi lainnya. Belasan ulama Al-Azhar ikut dibantai. Wanita & lansia dibidik sniper. Sebagian ada yg terbakar hidup2. Sebagian lagi terbakar didalam mesjid ketika sdh jadi jenazah. Super sadis.

12 → (≠) Di Thai, tak ada biksu Budha yang berfatwa "Bunuhlah kelompok kaos merah itu, niscaya engkau akan bertetangga dengan Sang Budha di Nirvana!". Pemuka agama Budha justru mengayomi anak bangsa yg sdng bertikai itu spy tak terjadi pertumpahan darah. Tapi di Mesir, bukannya menjadi penengah bangsa yang bertikai, beberapa oknum ulama malah duduk manis ikut mengumumkan kudeta. Menyeret lembaga Al-Azhar dlm pusaran konflik politik. Belakangan juga ditengarai beberapa oknum ulama berfatwa memotivasi satu pihak untuk membantai pihak lain dengan iming2 pahala dan surga firdaus.

13 → (≠) Di Thai, konstitusi tidak diotak-atik selama kudeta. Di Mesir, konstitusi hasil referendum justru diganti. Ini menunjukan bahwa kudeta di Thai tujuannya hanya mengenyahkan Thaksin serta tak ada sangkut paut dg konstitusi. Adapun di Mesir tujuan kudeta juga meliputi ketidaksetujuan atas konstitusi yang ada. Apa saja yg tak disetujui pengkudeta? Salah satunya adalah pasal2 ttg syariah Islam yg kemudian mrk hapuskan.

14 → (≠) Di Thai, partai dan kelompok mantan PM Thaksin tdk dibubarkan, bahkan mereka boleh kembali ikut pemilu serta hebatnya, justru mereka kembali memenangkan pemilu. Adapun di Mesir, para pemimpin partai dan kelompok asal Mursi ditangkapi, jumlahnya sampai ribuan orang menyesaki penjara2 Mesir, sebagian terbunuh, assetnya disita, bahkan lembaga2 sosial yg diduga terkait dg kelompok itu (yg sbnrnya tak terkait dg politik scr langsung) juga dibekukan. Kelompoknya dinyatakan haram jadah.

15 → (≠) Di Thailand orang yang memakai kaus merah biasa2 aja tuh! Nyantei. Pdhl kaos merah mrpkn simbol dukungan pd Thaksin dan simbol anti kudeta. Di Mesir orang yang memakai simbol #R4bia bisa diseret ke penjara krn itu simbol penentangan thd kudeta & simbol protes thd pembantaian.(Muslimina)Wallahu A‘lam.

 

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama