Konsumen Bisa Cek Produk Halal via Android

Tarqiyah : Majelis Ulama Indonesia (MUI) mempunyai aplikasi telepon genggam yang bisa mengecek halal tidaknya sebuah produk. Aplikasi ini diberi nama 'Pro Halal' yang bisa di unduh di sistem operasi android secara gratis.
Direktur Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Lukmanul Hakim mengatakan, dari aplikasi ini, konsumen cukup melakukan pindai ke barcode produk maka akan langsung keluar keterangan produk tersebut.

"Nanti setelah di scan akan keluar nama produk, nama perusahaan yang produksi, kapan kedaluarsanya serta nomor sertifikat halal itu sendiri," ucap Lukman di kantor pusat MUI, Jakarta, Rabu (26/2).

Saat ini, lanjutnya, baru sekitar 1.000 produk yang masuk koleksi data. Jika belum masuk koleksi data maka produk perusahaan dan data sertifikasi halal tidak akan keluar.

"Ini software buatan MUI. Kalau untuk Blackberry dan selanjutnya masih di proses. Sekarang baru 1.000 produk," tegasnya.

Lukman menegaskan jika pindai dilakukan ke suatu produk dan ternyata belum ada data keluar atau data belum terdaftar bukan berarti produk tersebut tidak halal. Tidak terdaftarnya produk tersebut disebabkan minimnya proses pembaruan data yang dimasukkan MUI.

"Produk semuanya jutaan dan butuh waktu," tutupnya.

(rr/mrdk/to)
 Wallahu A‘lam.

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama