Al Sisi Menang Mutlak Pilpres Mesir

Tarqiyah : Kairo - Abdel Fattah Al-Sisi, jenderal yang mengkudeta pemimpin pertama Mesir yang terpilih secara demokatis Mohamed Moursi untuk sementara unggul dalam pemilihan presiden. Hingga Kamis (29/5/2014) perolehan sementara, Sisi mendapatkan suara mayoritas 93,3 persen.
Sementara lawannya, politisi kiri Hamdin Sabahi, hanya mampu mengumpulkan tiga pesen suara dan 3,7 persen suara lainnya dinyatakan tidak sah, demikian seperti dilansir kantor berita Reuters.

Kemenangan Sisi disambut gembira para pendukungnya, kembang api meletus di Kairo ketika perolehan suara Sisi mulai muncul. Mereka juga mengibarkan bendera Mesir dan membunyikan klakson mobil di jalanan Ibu Kota yang sibuk. Perayaan itu berlangsung hingga dini hari.

Sisi, yang mengkudeta Moursi dalam aksi berdarah tahun lalu, dianggap pendukungnya sebagai sosok yang bisa mengakhiri gejolak yang mengganggu Mesir sejak revolusi yang mengakhiri 30 tahun kekuasaan Mubarak.

Tapi para kritikus khawatir dia menjadi otokrat yang akan melindungi kepentingan militer dan mengakhiri harapan akan demokrasi dan reformasi yang dibangun selama protes untuk menurunkan Mubarak.

Sisi mendapat dukungan dari angkatan bersenjata kuat dan Kementerian Dalam Negeri, juga banyak politisi dan pejabat pada masa pemerintahan Mubarak. (SI Online)

 Wallahu A‘lam.

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama