Intifadhah Penjara Kudeta Hasilkan Solidaritas 86 Negara

Polisi kudeta melakukan penangkapan luas terhadap penentang kudeta di Mesir (felesteen.ps)
Tarqiyah : Kairo. Haitsam Abu Khalil, direktur lembaga HAM “Dhahaya” menyatakan bahwa aksi mogok makan 20 ribu tahanan di penjara Mesir telah diakhiri pada hari Jumat (2/5/2014) kemarin sore.
Abu Khalil yang juga merupakan juru bicara gerakan “Tahanan Pejuang Kemerdekaan di Penjara Mesir” yang memelopori aksi intifadhah penjara Mesir memberikan ancaman akan melakukan aksi berikutnya pada tanggal 30 Mei mendatang.
Dalam akun facebooknya, Abu Khalil menulis bahwa intifadhah ini seperti sebuah teriakan dalam keheningan masyarakat dunia. Dengan teriakan ini diharapkan nurani dunia akan terbangun dari tidurnya, dan memainkan perannya dalam melawan kekejaman dan kezhaliman yag dilakukan penguasa kudeta di Mesir.
Abu Khalil bersyukur, aksi tiga hari lalu membuahkan hasil. Sekitar 86 negara melakukan pakis solidaritas untuk para penentang kudeta di Mesir. Mereka melakukan aksi-aksi menuntut dibebaskannya para tahanan, dan dihentikannya mesin penyiksaan. Sebanyak 123 lembaga HAM baik di dalam maupun luar negeri Mesir juga demikian. Aksi-aksi solidaritas ini diharapkan bisa mewujudkan kerja sama yang bergerak melawan kudeta militer di Mesir yang menggunakan kekejaman sebagai alatnya.
Lebih dari 20 ribu penentang kudeta yang menjadi tahanan mengeluarkan keterangan bahwa mereka telah memulai aksi intifadhah, Rabu (30/4/2014) kemarin. Intifadhah dilakukan untuk melawan pelanggaran HAM yang mereka alami.
Dari 90 lebih tempat tahanan yang tersebar di seluruh Mesir, para tahanan mengumumkan kepada seluruh dunia dimulainya intifadhah revolusi untuk memperjuangkan kemerdekaan dan kemuliaan; melawan kezhaliman dan kekejaman.
Bentuk intifadhah adalah melakukan aksi mogok makan secara serentak mulai hari Rabu (30/4/2014), menduduki sel-sel dan menolak melayani kunjungan, menolak panggilan pemeriksaan, dan bentuk-bentuk perlawanan yang lain. (msa/dakwatuna/rssd)
 Wallahu A‘lam.

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama