Menjemput Kemenangan di Bulan Ramadhan

Tarqiyah :
Oleh Dr. KH. Surahman Hidayat, MA
(Ketua Dewan Syariah DPP PKS)

Alhamdulillah bulan Ramadhan Mubarok datang kembali. Ramadhan selalu membawa kemenangan bagi orang-orang beriman.

Ramadhan adalah bulan puasa (Syahrus Siyam), bulan ibadah (Syahrul Ibadah), bulan Al-Qur’an (Syahrul Qur’an),  bulan ampunan dan taubah (Syahrul Maghfirah wat Taubah)  bulan kepedulian dan solidaritas (Syahrul Muwaasaah), bulan pembinaan (Syahrut Tarbiyah), bulan kesabaran (Syahru Shabr), bulan jihad (Syahrul Jihad) dan bulan kemenangan (Syahrun Nashr). Oleh karenanya umat muslim harus meningkatkan ibadah, dhara’ah,  mujahadah dan munasharah di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan pada tahun 1435 H ini umat muslim mendapat kesempatan untuk meraih dua bentuk kemenangan, yaitu kemenangan dalam jihad ibadah Ramadhan (al-intishor fil-jihad ar-ramadhani) dan  kemenangan dalam jihad politik pemilihan presiden (al-intishor  fil – jihad as-siyasi lil-intikhobi ar-riyasi).

Dan untuk meraih dua bentuk kemenangan tersebut, maka umat muslim  di Indonesia  harus menempuh tiga  jalan, yaitu :

1. Ad-Dhara’ah (berdo’a dengan penuh ketundukan dan kekhusyuan kepada Allah).
Bulan Ramadhan adalah bulan dimana do’a-do’a orang beriman yang berpuasa dikabulkan oleh Allah. Allah berfirman :

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS Al-Baqarah 186).

Rasulullah saw bersabda:


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " ثَلَاثُ دَعَوَاتٍ مُسْتَجَابَاتٌ: دَعْوَةُ الصَّائِمِ، وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ، وَدَعْوَةُ الْمُسَافِرِ "

Dari Abu Hurairah ra berkata, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda,” tiga do’a yang akan dikabulkan, do’a orang yang berpuasa, do’a orang yang dizhalimi dan do’a musafir” (HR At-Tabrani, Ahmad dan Al-Baihaqi)

Umat muslim  harus berdo’a memohon kemenangan kepada Allah Ta’ala, sebagaimana Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam memohon kemenangan menjelang perang Badar dan itu terjadi di bulan Ramadhan. Oleh karena itu orang-orang beriman harus berdo’a kepada Allah, memohon kemenangan dalam perjuangan pemilihan presiden yang akan dilaksankan pada 9 Juli nanti.

2. Mujahadah (bersungguh-sungguh dalam beribadah dibulan Ramadhan)
Umat muslim di bulan Ramadhan ini harus mujahadah dalam beribadah puasa, melaksanakan amaliyah Ramadhan seperti tilawah Al-Qur’an, Tarawih, shilaturahim, sedekah dll. Untuk meraih hidayah, ketaqwaan dan kemenangan umat muslim juga harus mujahadah. Allah Ta’ala berfirman

وَالَّذِينَ جَاهَدُوا فِينَا لَنَهْدِيَنَّهُمْ سُبُلَنَا وَإِنَّ اللَّهَ لَمَعَ الْمُحْسِنِينَ
“Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik” (QS Al-Ankabuut 69).

3. Munasharoh (melakukan dukungan, pembelaan dan perjuangan) terhadap permasalahan umat dan dalam pemilihan presiden.
Umat muslim di Ramadhan harus bersatu membela dan mendukung segala permasalahan umat, seperti pemberantasan korupsi, penenutupan lokalisasi, membantu orang yang terzhalimi dan memenangkan calon presiden pilihan  mayoritas partai Islam, ormas Islam dan umat Islam.  Allah Ta’ala berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدامَكُمْ
“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu” (QS Muhammad 7).   

Semoga dua kemenangan tersebut betul-betul diraih  umat muslim  Indonesia sehingga membuka peluang bagi terwujudnya Indonesia yang lebih baik, lebih aman, lebih adil dan lebih sejahtera dengan mendapat ridha Allah.
 Wallahu A‘lam.

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama