Dahsatnya Membaca Surat Al- Falaq dan An- Nas



GemaDakwahSurat Al Falaq dan Surat An Nas memiliki keutamaan yang dahsyat luar biasa. Apa saja keutamaan Surat Al Falaq dan Surat An Nas? Mari kita simak dari hadits-hadits shahih dan penjelasan para ulama berikut ini.

Surat Al Falaq dan Surat An Nas merupakan dua surat terakhir dalam Al Quran. Surat Al Falaq adalah surat ke-113 dan Surat An Nas adalah surat ke-114. Namun dalam urutan turunnya kepada Rasulullah, Surat Al Falaq menempati urutan ke-20 dan Surat An Nas ke-21.

Dua surat perlindungan

Surat Al Falaq dan Surat An Nas disebut Rasulullah sebagai al mu’awwidzatain. Yakni dua surat terbaik untuk perlindungan. Orang yang membacanya akan dilindungi Allah dari segala kejahatan makhluk.

يَا ابْنَ عَابِسٍ أَلَا أَدُلُّكَ أَوْ قَالَ أَلَا أُخْبِرُكَ بِأَفْضَلِ مَا يَتَعَوَّذُ بِهِ الْمُتَعَوِّذُونَ قَالَ بَلَى يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ وَ قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ هَاتَيْنِ السُّورَتَيْنِ

“Wahai Ibnu Abbas, maukah kamu aku tunjukkan –atau maukah kamu aku beritahu- sesuatu yang paling baik digunakan untuk berlindung?” Ibnu Abbas menjawab, “Iya wahai Rasulullah.” Beliaupun bersabda: “Qul a’udzu birabbil falaq dan Qul a’udzu birabbin nas, dua surat ini.” (HR. An Nasa’i; shahih)

Melindungi dari ‘ain

Asbabun nuzul surat Al Falaq dan surat An Nas ini, kafir Quraisy Makkah berupaya mencederai Rasulullah dengan ‘ain. Yakni pandangan mata yang merusak atau membinasakan. Ada kepercayaan di Arab bahwa mata melalui pandangannya bisa membinasakan. Dan memang ada orang-orang tertentu yang matanya demikian.

Maka Allah menurunkan dan mengajarkan Surat Al Falaq dan Surat An Nas kepada Rasulullah untuk menangkalnya.

Melindungi dari sihir

Sewaktu di Madinah, Rasulullah pernah disihir oleh penyihir Yahudi bernama Lubaid bin A’sham. Ia menyihir Rasulullah dengan media pelepah kurma berisi rambut beliau yang rontoh ketika bersisir, beberapa gigi sisir beliau serta benang yang terdapat 11 ikatan yang ditusuk jarum.

Lalu Rasulullah membaca Surat Al Falaq dan Surat An Nas. Setiap satu ayat dibacakan, terlepaslah satu ikatan hingga Rasulullah merasa lebih ringan. Ketika seluruh ayat telah dibacakan, terlepaslah seluruh ikatan tersebut.

Dua surat yang tak ada bandingannya

Surat Al Falaq dan Surat An Nas disebut oleh Rasulullah sebagai surat yang tidak ada bandingannya.

أَلَمْ تَرَ آيَاتٍ أُنْزِلَتِ اللَّيْلَةَ لَمْ يُرَ مِثْلُهُنَّ قَطُّ (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ) وَ (قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ

“Tidakkah kamu melihat ayat-ayat yang diturunkan di waktu malam dan tidak ada bandingannya sama sekali; Surat Al Falaq dan Surat An Nas.” (HR. Muslim)

Para ulama menjelaskan maksudnya adalah tidak ada bandingannya dalam hal perlindungan. Isti’adzah (permintaan perlindungan) dari Allah Subhanahu wa Ta’ala. Baik untuk melindungi dari ‘ain, kajahatan di malam hari, sihir, hasad maupun waswas yang dihembuskan oleh setan.

Obat dan penjagaan

Syaikh Wahbah Az Zuhalini menjelaskan dalam Tafsir Al Munir bahwa Surat Al Falaq dan Surat An Nas ini juga memiliki keutamaan sebagai obat. Beliau kemudian mengetengahkan hadits dari Aisyah tentang kebiasaan Rasulullah membaca Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq dan Surat An Nas sebelum tidur.

عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ النَّبِىَّ – صلى الله عليه وسلم – كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا ( قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ ) وَ ( قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ) ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Dari Aisyah bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam jika pergi ke tempat tidur beliau setiap malam, beliau mengumpulkan kedua telapak tangan beliau, kemudian beliau meniupkan dalam kedua telapak tangannya dan membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Nas. Kemudian dengan kedua telapak tangannya, beliau mengusap tubuh beliau, dimulai dari kepala dan wajah serta anggota tubuh lainnya. Beliau melakukan hal itu sebanyak tiga kali. (HR. Bukhari)

Demikian keutamaan Surat Al Falaq dan Surat An Nas yang luar biasa. Semoga kita dimudahkan Allah untuk memahami dan mengamalkannya serta dianugerahiNya keutamaan-keutamaan tersebut saat mengamalkannya. [Muchlisin BK/Tarbiyah]

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama