Maju (mundur) waktu datangnya haid


Misalnya, seorang wanita biasanya haid pada akhir bulan lalu, tiba-tiba haid datang pada awal bulan. Atau biasanya haid pada awal bulan, lalu tiba-tiba haid datang pada akhir bulan.

Para ulama berbeda pendapat dalam menghukumi kedua hal di atas. Namun pendapat yang benar, bahwa seorang wanita jika mendapatkan darah (haid) maka dia dalam keadaan haid dan jika tidak mendapatkannya berarti dia dalam keadaan suci, meskipun masa haidnya melebihi atau kurang dari kebiasaannya. Dan telah disebutkan dalam pasal terdahulu dalil yang memperkuat pendapat ini, yaitu bahwa Allah telah mengaitkan hukum-hukum haid dengan keberadaan haid.

Pendapat tersebut merupakan madzhab Imam Asy Syafi'i dan menjadi pilihan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah. Pengarang kitab Al Mughni pun ikut menguatkan pendapat ini dan membelanya, ia berkata: “Andikata adat kebiasaan menjadi dasar pertimbangan, menurut yang disebutkan dalam madzhab, niscaya dijelaskan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada umatnya dan tidak akan ditunda-tunda lagi penjelasannya, karena tidak mungkin beliau menunda-nunda penjelasan pada saat dibutuhkan.

Istri-istri beliau dan kaum wanita lainnya pun membutuhkan penjelasan itu pada setiap saat, maka beliau tidak akan mengabaikan hal itu. Namun, ternyata tidak ada riwayat yang menyatakan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyebutkan tentang adat kebiasaan ini atau menjelaskannya kecuali yang berkenaan dengan wanita yang istihadhah saja.

1 Komentar

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

  1. If 까모벳 you want epic slots and you also benefit from the settings of fine, old fairy-tales, this could be the right free Slot for you. Especially when you qualify for the bonus on tap at 888Casino. Featuring an RTP of ninety six.6%, the Magic Portals slot machine recreation considered one of the|is amongst the|is doubtless considered one of the} absolute best ones on this listing. One of the most well-liked and epic games half of} the Netent slots assortment in 2022. Overall, payouts aren't quite as massive as they could possibly be}, but the fun quotient is off the chart as you're feeling nearly as when you're watching a South Park episode as you play. This incredible recreation inspired by Greek mythology is an action-packed and picture-perfect Slot machine the place one thing unexpected occurs an everyday basis}.

    BalasHapus

Posting Komentar

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama