Tsawabit Amal Islami Menurut Imam Al-Banna (Bag. 8)

إن دعوة الإخوان دعوة عامة لا تنتسب إلى طائفة خاصة، ولا تنحاز إلى رأي عرف عند الناس بلون خاص ومستلزمات وتوابع خاصة، وتعتقد أن الخلاف في فروع الدين أمر لا بد منه ضرورة، والإجماع على أمر واحد في فروع الدين مستحيل، بل هو يتنافى مع طبيعة الدين
Dakwah Ikhwan adalah dakwah ammah –dakawah untuk umum- tidak menisbahkan dirinya pada satu golongan tertentu, tidak juga mengikuti pemikiran tertentu, warna tertentu atau pengikut aliran tertentu.
Ikhwan meyakini bahwa beda pendapat dalam masalah furu’ –cabang-cabang agama- adalah keniscayaan. Konsensus terhadap satu permasalahan cabang itu mustahil. Bahkan tidak sesuai dengan tabiat agama ini. Tidak diangkat suatu beda pendapat –diadukan- kecuali dengan adanya khalifah, (Dakwatuna: Ar-Rasail;1/23-25) dan pendapat khalifahlah yang dianut, dan pendapat wakilnya; dalam perkara yang tidak ada dalilnya, yang mengandung arti banyak, dalam hal mashalih mursalah –kebaikan yang masih diharapkan atau dipridiksi tercapainya-, yang itu tidak bertentangan dengan kaidah syariah, (Risalah Ta’alim: Ar-Rosail;1/269).
 وترى الجماعة أن من عوامل تحلل كيان الدولة الإسلامية إهمال كتاب الله وسنة الرسول – صلى الله عليه وسلم، والجمود والتعصب للآراء والأقوال، والولع بالجدل والمناظرات والمراء (2).
Jamaah memandang bahwa di antara faktor penghalang terwujudnya daulah Islamiyah adalah meremehkan Kitabullah dan Sunnah Rasulullah saw., jumud dan fanatisme terhadap pendapat atau pemikiran, juga lebih cenderung debat dan suka berbantah-bantahan.
كما ترى الجماعة أن أساس التعاليم الإسلامية ومعينها الصافي هو كتاب الله تبارك وتعالى، وسنة رسوله – صلى الله عليه وسلم، وأن كثيراً من الآراء والعلوم التي اتصلت بالإسلام وتلونت بلونه تحمل لون العصور التي أوجدتها، والشعوب التي عاصرتها، ولهذا يجب أن تستقى النظم الإسلامية التي تحمل عليها الأمة من هذا المعين الصافي، معين السهولة الأولى، وأن نفهم الإسلام كما كان يفهمه الصحابة والتابعون من السلف الصالح رضوان الله عليهم، وأن نقف عند هذه الحدود الربانية، حتى لا نقيد أنفسنا بغير ما يقيدنا به الله، ولا نلزم عصرنا لون عصر لا يتفق معه، والإسلام دين البشرية جميعاً (3). ونحن بهذا المعنى دعوة سلفية (4).
Sebagaimana juga Jamaah melihat bahwa pondasi ajaran Islam berikut penopangnya yang bersih adalah kitabullah dan sunnah Rasul-Nya. Sebagian besar dari pemikiran dan ilmu-ilmu yang berinteraksi dengan Islam dan terwarnai dengan warnanya lebih menunjukkan warna pada masanya dan masyarakat di mana mereka tinggal pada waktu tersebut.
Oleh karena itu sistem Islam wajib mengarahkan umat pada penopang yang bersih ini, mengembalikan pada penopang yang mudah sebagaimana terjadi pertama kali. Dan hendaknya kita memahami Islam sebagaimana para sahabat dan tabi’in generasi salafush shalih ra. Dan hendaknya kita berhenti atau mengikuti sampai batas Rabbaniyah ini, sehingga kita tidak mengikat diri kita dengan selain yang Allah ikatkan pada kita.
Dan kita tidak mewajibkan masa kita sekarang ini dengan warna masa yang tidak sesuai dengannya. Padahal Islam adalah agama manusia semua, (Risalah Muktamar Khamis: Ar-Rasail; 1/154-155).
Kami dengan makna ini berarti dakwah salafiyah, (Risalah Muktamar Khamis: Ar-Rasail;2/122 atau Al-Ushul;44).
 لهذا كله ينبغي أن يبدأ بتدريس الفقه بطريقة عملية مع الترغيب والترهيب، وربط ذلك بالكتاب والسنة، من غير تفريع للمسائل، أو لجوء إلى المصطلحات الغامضة (1).
Berdasarkan ini semua, hendaknya memulai mengkaji bidang fiqh dengan pendekatan untuk dilaksanakan dan dipraktekkan, dengan lebih mengedepankan motivasi –targhib- dan berita ancaman –tarhib-, dan mengaitkan itu dengan Kitab dan Sunnah, tanpa harus njelimit mengurusi banyak hal, atau lebih menekankan pada istilah-istilah yang terpendam, (Al-Muadzaikkirat;63-64).
 وعندما تتبنى الجماعة تدريس الفقه لأعضائها فإنها لا تعمد إلى اختيار مذهب معين. فلقد كان المؤتمر الخامس قد صدر عنه قرار بتأليف لجنة علمية لوضع كتاب مختصر مفيد في العقائد والعبادات والأخلاق والمعاملات الإسلامية، مدعم بالأدلة من الكتاب والسنة، بعيد عن مناحي الخلاف وتشعب الآراء، حتى يكون مرجعاً للإخوان ولمن شاء (2).
Jamaah ketika menganjurkan kajian bidang Fiqh bagi para anggotanya, itu tidak berpatokan pada madzhab tertentu. Muktamar Khamis telah mengeluarkan keputusan agar membentuk Lembaga Kerja yag merumuskan buku ringkas dan bermanfaat dalam bidang aqidah, ibadah, akhlak, dan muamalat Islam, dengan berlandasan pada dalil-dalil dari Kitab dan Sunnah, jauh dai titik khilaf dan fanatik terhadap pemikiran tertentu, sehingga menjadi marja’ atau referensi bagi Ikhwan dan siapa saja yang mau, (Al-Mudzakkirat;241)
ومع ذلك فإن من حق أي أخ – بل أي مسلم – أن يدرس لنفسه ما شاء من المذاهب، وأن يلتزم بما شاء، مع توجيهه إلى ضرورة أن تكون دراسته مقرونة بدراسة الأدلة، وأن يترك ما هو عليه إلى ما ترجح عنده قوة دليله إذا اطمأن إلى إخلاص من يرشده وكفايته (3)، مقيداً أننا طريقة سنية، بمعنى حمل أنفسنا على العمل بالسنة المطهرة في كل شيء، وبخاصة في العقائد والعبادات (1).
Namun lebih dari itu, menjadi hak bagi setiap Al-Akh, bahkan setiap muslim untuk mengkaji madzhab yang ia kehendaki bagi dirinya sendiri, dan ia berpegang dengan madzhab yang ia sukai, dengan tetap mengarahkannya pada pentingnya kajian berdasarkan dalil-dalil yang shahih, dan mau meninggalkan pendaptnya beralih pada pendapat yang lebih kuat, jika ia yakin akan hal itu dan yakin akan keikhlasan dan kemampuan orang yang membimbingnya, (Risalah Ta’alim: Ar-Rasail; 1/269) dengan tetap berpatokan pada metode Sunni, dalam artian kita mengedepankan beramal berdasarkan sunnah yang suci dalam setiap perkara, terutama dalam bidang aqidah dan ibadah, (Risalah Muktamar Khamis: Ar-Rasail;1/155) atau Al-Ushul;43). bersambung....

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama