Pidato Mursi saat Peringatan Kemenangan Perang Oktober

Bahwa tanggal 6 Oktober 1973 merupakan kemenangan besar, setelah mampu mengalahkan penjajahan dan penindasan. Militer Mesir dan rakyat bersuka cita semenjak 39 tahun, karena kemenangan tersebut. Kemenangan ini buah dari pemimpin yang jeli sehingga memutuskan untuk berperang dan mampu memobilisasi rakyat untuk bertempur secara izzah. Dengan ijin Allah perang ini perang yang melegenda.
Kemenangan Oktober mengembalikan izzah dan kemuliaan sebelum kembalinya jengkal tanah Mesir, rakyat Mesir menjadi bersatu padu dan bekerja sama. Rakyat Mesir telah mempersembahkan darah yang mahal dan sampai saat ini darah itu mewangi.
Sebagaimana dunia sekarang ini melihat bahwa rakyat Mesir bersatu-padu. Rakyat dan militer Mesir di bawah satu komando. Rakyat Mesir bersatu meretas masa depan baru.
Bahwa para pahlawan perang Oktober telah mempersembahkan sebesar apa yang mereka miliki demi negeri mereka. Saya berdoa semoga Allah swt. menyatukan hati rakyat Mesir dan menyiapkan sebaik skenario buat kita, karena kita sejatinya tidak jeli dalam membuat skenario.
Dan bahwa para syuhada Oktober dan yang luka-luka bahkan yang masih hidup sampai sekarang berada di hatiku. Saya dan militer memperhatikan keluarga para pahlawan Oktober terlebih yang masih hidup sampai sekarang.
Peringatan Oktober tidak akan pernah mati, bahkan akan senantiasa hidup di hati dan pikiran kita semua. Salam penghormatan teruntuk pejuang Oktober, salam penghormatan teruntuk syuhada Oktober, salam penghormatan teruntuk rakyat yang telah berkorban, salam penghormatan teruntuk pahlawan yang masih hidup. Kami semua mengakui kalian dengan penuh kearifan dan kenangan.
Memang ada sebagian kecil pihak yang berusaha menisbahkan kemenangan ini untuk kepentingan pribadi, akan tetapi mereka gagal di tengah jalan, setelah adanya gerakan rakyat, terutama revolusi 25 Januari, bahwa revolusi Januari merupakan tonggak kedua bagi kebangkitan sejarah Mesir.
Revolusi Januari menggerakkan rakyat dan militer untuk berkata “tidak” terhadap manipulasi suara dan untuk menghentikan kezhaliman. Militer; komandan, prajurit dan kelengkapannya berdiri bersama rakyat untuk mengatakan tidak pada korupsi, berkata tidak pada kecurangan pemilu, berkata tidak terhadap upaya kembali pada masa lalu dan berkata tidak terhadap yang menghambat laju kebangkitan dan kejayaan.
Revolusi Januari merupakan tonggak kedua dalam upaya mengembalikan berbagai urusan pada kondisi normal. Rakyat Mesir bersatu-padu di bawah satu komando guna menghentikan kezhaliman, korupsi dan mengembalikan izzah dan kemuliaan.
Saya mengajak semua rakyat Mesir untuk bersatu dan bekerja dengan semangat revolusi Januari, sampai umat kembali bangkit dan tercapai tujuannya. Revolusi Januari adalah revolusi damai akan tetapi ada pihak-pihak yang memperkeruh suasana sehingga timbul korban syuhada terutama dari kalangan pemuda.
Saya katakan kepada kalian, keluarga korban revolusi Januari bahwa hak-hak kalian di hati kami, kami telah membentuk divisi tugas yang bekerja untuk investigasi di bawah pengawasan saya langsung sehingga hak-hak syuhada dan yang terluka mendapatkan haknya.
Saya tegaskan juga bahwa militer telah menunaikan janjinya setelah sebelumnya mengawal revolusi dan menyerahkan kekuasaan pada kehendak rakyat, saya tegaskan bahwa sekarang ini rakyat Mesir maju bekerja sedangkan militer melindungi dan mengawalnya.
Saya sampaikan bahwa 30 Juni lalu merupakan tonggak ketiga dimulainya keadilan sosial. Bahawa kebangkitan, keadilan, pembangunan dan kemajuan dapat diwujudkan dengan semangat kerja sama di antara institusi-institusi yang adan, terutama pemuda dan juga kekuatan politik.
Pemuda adalah tonggak kebangkitan, mereka adalah penggerak revolusi dan mereka akan menjadi penopang kebangkitan hakiki yang sama-sama kita harapkan. Saya ajak semua elemen untuk mendekat dan mewujudkan rekonsiliasi nasional demi Mesir tercinta yang akan dilihat oleh seluruh manusia, di dalam dan di luar negeri.
Tujuan dari pembangunan, kerja dan kebangkitan Mesir adalah mencari ridha Allah swt. keberhasilan dalam mencapai keridhaan Allah swt saat kita semua berdiri di hadapan Allah azza wajalla sebagai bantuk pertanggungjawaban kita, baru kedua adalah tujuan untuk menancapkan kewibawaan sejarah dan kegemilangan kita di masa depan.
Saya apresiasi militer yang telah menyerahkan kekuasaan pada presiden pilihan rakyat secara demokratis.
Pemerintah Mesir sekarnag ini telah melaksanakan tanggung jawabnya, kami bekerja siang dan malam guna mewujudkan tuntutan rakyat. Namun, dikarenakan korupsi dan kerusakan di semua lini yang tidak bisa dibayangkan oleh siapapun, membutuhkan kerja ekstra dan kerja sama dari semua elemen.
Saya telah persembahkan cetak biru kebangkitan Mesir dalam semua bidang dan saya tegaskan bahwa inisiatif dan kesungguhan akan tetap ada dalam mewujudkan tujuan-tujuan yang sudah saya umumkan sebelumnya.
Program 100 hari kepemimpinan saya adalah dalam rangka usaha serius dalam mengurai permasalahan bahkan dalam meretas kebangkitan Mesir sebagaimana yang tertuang dalam “masyru’ nahdhah”.
Saya katakan bahwa program 100 hari yang meliputi “keamanan, transportasi, roti, kebersihan dan BBM” semua telah melihat ada kemajuan meski itu tidak cukup.
Bahwa program keamanan sudah tercapai 80% dari target yang dicanangkan, oleh karena itu saya sampaikan salam penghormatan saya kepada aparat polisi Mesir yang telah menyelesaikan 28 ribu hukum yang akhirnya mengembalikan asset dan tanah ke negara, menyidik 6000 kasus, mengungkap 600 kasus sebelum pemilu dilaksanakan dan mengembalikan 6600 mobil curian. Sebagaimana penangkapan terhadap 1540 tersangka, 330 di antaranya kasus-kasus besar.
Saya sampaikan juga bahwa ada upaya serius untuk menjamin stabilitas keamanan di Sinai dan perbatasan-perbatasan Mesir yang saya awasi langusng di bawah komando militer, menteri dalam negeri dan intelejen bekerja sama dengan tokoh Sinai. Saya pastikan stabilitas Sinai akan tetap terwujud.
BBM, pemerintah telah mengadakan 85% kebutuhan butana (gas) dan 15% lagi akan diupayakan secepat mungkin dan saya bertanggung jawab akan hal ini.
Kami telah berupaya secara serius untuk menghentikan tindak culas dan penimbunan. Dalam dua bulan terakhir ini telah diselamatkan 23 juta liter solar dan bensin dari penyelundukan yang dilakukan pihak dalam kementerian migas. Ada juga pihak yang merampok puluhan juta asset keuangan kementerian ini, namun saya pastikan bahwa memerangi korupsi sesuai dengan udang-undang yang ada.
Saya ingatkan juga bahwa APBN banyak kelemahan karena APBN disepakati sebelum periode saya; APBN dibagi menjadi 4 bagian, seper empat pertama untuk membayar riba hutang dan yang seperempat lainnya untuk subsidi. Namun 80% subsidi itu salah sasaran, tidak sampai pada rakyat miskin, hanya dinikmati oleh kelompok kaya dan koruptor, terutama di kementerian migas. Saya berusaha agar subsidi itu dinikmati oleh yang berhak. Saya juga tidak bisa menerima bahwa rakyat Mesir makan dari riba, termasuk dari dana-dana pinjaman yang memberi persyaratan. Meski dana moneter internasional mensyaratkan 1,1% untuk keperluan administrasi, akan tetapi saya katakan, selamnya pasca revolusi Januari, tidak akan ada seorang pun yang mendekte kita satu syarat pun.
“Biarkan kami lapar, tapi kami tidak makan riba!” saya sampaikan ada program terorganisir agar subsidi biogas sampai ke yang berhak. Pemerintah telah menangkap 16 ribu kasus penimbunan dan 111.366 penjualan di pasar gelap, menyelamatkan 23.619.460 liter bensin dan solar, 17 ribu gas dan 544 ribu kasus penjualan ilegal ke luar.
Kebersihan, pemerintah baru menyelesaikan 40% dari target keseluruhan. Pemerintah telah mengangkut 600 ribu ton sampah di Kairo dan Giza, 200 ribu ton di Iskandaria dan 360 ribu ton di propinsi-propinsi yang lain. Kami bersungguh-sungguh untuk menyelesaikan permasalahan sampah dan penindakan terhadap yang melanggar ketentuan. Kami terus gaungkan gerakan “negeri bersih” sehingga program ini mendarah-daging di setiap warga Mesir.
Roti, pemerintah telah melaksanakan programnya; nisbah 80% keberhasilannya dengan memproduksi 3 juta roti tambahan.
Transportasi, pemerintah telah melaksanakan 60% dari programnya, para polisi dengan penuh semangat mengatur lalu lintas; terjadi 1 juta 600 ribu pelanggaran lalu lintas, 43 ribu pelanggaran ringan dan 3000 pengendara tanpa SIM. Saya menghimbau agar jangan sampai ada yang mogok kerja sampai program lalu lintas bisa tercapai keseluruhan.
Terkait kerusakan yang ditingalkan rezim pendahulu kita, pemerintah telah memproses sesuai ketentuan yang berlaku guna mengembalikan tanah dan asset negara. Saya ingatkan, ternyata ada 4 proyek (saja) yang menghabiskan 100 milyar pounds dari keuangan negara!
Pemerintah Mesir sekarang berusaha mewujudkan kesepakatan yang dibuatnya dengan para investor.
Pariwisata Mesir sekarangi sedang menggeliat, meningkat 15% dari tahun sebelumnya. Sedangkan Bursa Efek Mesir indeksnya naik dari bulan Juli sebesar 40%.
Saya sampaikan juga bahwa tidak benar jika pelaksanaan shalat Jum’at saya telah menelan biaya 3 juta pounds. Saya tegaskan bahwa pelaksanaan shalat jum’at tidak sepeser pun dari keuangan negara. Terkait dengan issu bahwa kunjungan luar negeri menghabiskan dana 100 juta dollar, saya katakan bahwa kunjungan saya justeru menghasilakn investasi 16 milyar pounds selain juga 17 penandatanganan kerja sama ekonomi untuk kemajuan Mesir.
Saya bersumpah dengan nama Allah, bahwa kunjungan saya tidak untuk keuntungan saya pribadi, sepeser pun. Saya tegaskan bahwa diri saya masih tinggal di rumah pribadi, di apartemen. Saya mengajak semua untuk mengawasi saya jika saya membeli mobil baru.
Saya juga tegaskan bahwa tidak mungkin kita melupakan hak warga sipil Palestina. Wajib bagi kita semua untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawab untuk mensuplai makanan, obat-obatan dan kebutuhan lainnya tanpa mengganggu keamanan nasional. Karena Palestina bagian yang tidak terpisahkan dari kita dan kita semua bagian yang tidak terpisahkan dari mereka.
Khusus bagi saudara kami umat Kristiani di Rafah -perbatasan-, “Permusuhan terhadap mereka adalah permusuhan terhadap semua warga negara Mesir dan permusuhan terhadap diri saya pribadi, karena tidak ada perbedaan di antara warga negara Mesir satu dengan yang lainnya.”
Kami tugaskan para dokter dan yang berkaitan agar menjamin kehidupan layak bagi mereka, pemerintah telah mengkhususkan 700 juta pounds untuk mereka. Kami menghimbau agar rakyat Mesir terus bekerja sama, terutama pada saat-saat sulit seperti ini.
Saya akhiri pidato saya ini dengan pernyataan bahwa rakyat Suriah, saudara kandung kita bersama rakyat Mesir berperang pada Oktober 1973 lalu, oleh karena itu saya mengajak semua rakyat Mesir agar tidak melupakan rakyat Suriah dan mendukung penuh perjuanagn rakyat Suriah dalam revolusi konstitusi menentang kezhaliman dan korupsi dari rezim yang membunuhi rakyatnya sendiri. [io]

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama