Adab- adab bangun tidur yang dilakukan Rasulullah Shalallah 'alaihiwasalam



GemaDakwah : Terkadang  orang lupa apa yang di lakukan setelah bangun tidur, ada sebagian ketika jiwa sadar dari idur, mata baru terbuka langsung berdiri menuju kamar mandi, ada juga sebagian orang ketika bangun dari tidur putar kiri, putar kanan, bahkan yang dibuka pertama kali bangun dari tidur adalah handphone, kedua keadaan tersebut tidak sesuai dengan ajaran Islam atau sunnah yang di contohkan oleh Rasulullah Saw, Apa yang dilakukan oleh Rasullah ketika bangun tidur ?

Sunnah yang dilakukan setelah bangun tidur Adalah :
 
1. Mengusap wajah ketika bangu dari tidur
Mengusap wajah ketika bangun dari tidur adalah sunnah Rasulullah SAW, Rasulullah bersabda dalam Hadits Riwayat Muslim :
  اسْتَيْقَظَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ
استيقظ رسول الله صلى الله عليه وسلم فجعل يمسح النوم عن وجهه بيدي""ه

رابط المادة: http://iswy.co/e66b0
استيقظ رسول الله صلى الله عليه وسلم فجعل يمسح النوم عن وجهه بيديه

رابط المادة: http://iswy.co/e66b0
 “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bangun tidur kemudian duduk sambil mengusap bekas tidur dari wajahnya dengan tangannya,” (HR. Muslim).
 
2. Berdoa 
Dianjurkan ketika bangun tidur untuk membaca doa sebagaimana yang ada dalam hadits dari Hudzaifah bin Al Yaman berikut ini. Beliau radhiallahu ‘anhu mengatakan:

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال : ( الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ )

Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam ketika berbaring di tempat berbaringnya (untuk tidur) ketika malam hari, beliau berdoa: /Allahumma bismika amuutu wa ahyaa/ (Ya Allah, dengan namaMu aku mati dan aku hidup). Jika beliau bangun beliau berdoa:

الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ

(Alhamdulillahilladzi ahyaana ba’damaa amaatana wa ilaihin nusyuur)

(Segala puji bagi Allah yang menghidupkanku dan mematikanku dan kepadaNya lah kita dikembalikan)(HR. Bukhari , Muslim ).

 
3. Bersiwak 
Dianjurkan bersiwak ketika bangun tidur. Dari Hudzaifah bin Al Yaman radhiallahu’anhu beliau mengatakan:

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّم إذا قام مِن الليلِ يَشُوصُ فاه بالسواكِ

Biasanya Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam jika bangun di malam hari beliau menggosok-gosok mulutnya dengan siwak(HR. Al Bukhari , Muslim).

4. Al Istinsyar (Menyuci dua lobang hidung)

عن أبي هريرة رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إذا استيقظ أحدكم من منامه فليستنشر ثلاث مرت، فإن الشيطان يبيت على خياشيمه

Daripada Abu Hurairah r.a bahawa Nabi S.A.W  pernah bersabda: Ketika diantara kalian bangun tidur maka  sedotlah air lewat hidung lalu keluarkanlah air tersebut sekuat tenaga, hal itu lakukanlah 3x karena syetan menempati dirongga dua lobang hidung kalian.

5. Mencuci kedua tangan tiga kali
Ketika bangun tidur disyariatkan untuk mencuci tangan sebelum memasukkan tangan ke dalam bejana atau melakukan aktifitas lainnya. Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu, bahwa Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

إذا استيقظ أحدُكم من نومِهِ، فلا يَغْمِسْ يدَه في الإناءِ حتى يغسلَها ثلاثًا . فإنه لا يَدْرِي أين باتت يدُه

Jika salah seorang di antara kalian bangun dari tidurnya, maka jangan mencelupkan tangannya ke dalam bejana sebelum ia mencucinya tiga kali. Karena ia tidak mengetahui dimana letak tangannya semalam(HR. Bukhari , Muslim ).

Editor : Admin GemaDakwah.

 

KATA MEREKA

Kontak Gema Dakwah : tarqiyahonline@gmail.com

Lebih baru Lebih lama